'⌣'

me n pooh

Silahkan download

Senin, 14 Februari 2011

E-mail

Email telah menjadi bagian penting dari pola hidup masyarakat sekarang. Di tengah perputaran dunia komunikasi yang kian dinamis dalam perkembangannya, terutama di dunia internet, email telah menjelma menjadi kebutuhan tak terhindarkan bagi setiap orang. Setelah sekian lama menjadi bagian hidup kita, pernahkah Anda berpikir untuk mengetahui arti email?

Email terdiri dari dari gabungan dua kata, yaitu electronic dan mail. Secara harfiah, arti email adalah surat elektronik. Sesuai dengan artinya, fungsi email sebagai sarana untuk melakukan proses surat-menyurat melalui jalur elektronik. Jalur elektronik yang dimaksud di sini adalah serangkaian jaringan nirkabel yang tersusun dalam dunia internet yang saling bertautan.

Email telah menggantikan peran dari sebuah surat tradisional yang dahulu masih dikirimkan melalui jasa pos. Dengan menggunakan email, pesan dapat disampaikan dalam hitungan detik kepada siapa pun yang terhubung dengan jaringan internet dan tentu saja mempunyai akun email sendiri.

Karena karakteristiknya yang praktis, email telah berkembang secara cepat dengan berbagai fitur yang memudahkan seseorang untuk mengirim pesan kepada orang lain.

Pesan tertulis dapat dikirim dengan jumlah lembar halaman yang banyak, begitu juga dengan pesan video, data penting, dan juga sejumlah pesan audio lainnya yang tampaknya mustahil untuk dilakukan zaman dahulu.

Penggunaan email bagi sebagian orang juga berbeda-beda, bergantung arti email menurut tiap-tiap individu. Bagi kaum muda dan remaja yang menyukai berbagi hal dalam berbagai situs jejaring sosial, email memiliki arti yang sangat penting. Penting karena untuk menjadi bagian dari situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter seseorang harus memiliki sebuah akun email untuk memulainya.

Bagi seorang mahasiswa ataupun peneliti yang membutuhkan jurnal-jurnal pengetahuan ilmiah lengkap dan terus terbaharui, email memiliki arti penting tersendiri. Pada dasarnya, mereka membutuhkan email sebagai proses registrasi untuk masuk ke dalam situs jurnal untuk mendapat jurnal terbaru yang mereka butuhkan.

Seorang pemasar memandang penggunaan email sebagai salah satu cara efektif dalam menjalankan pemasaran langsung, selain menggunakan telepon.

Pengiriman melalui email bisa lebih terinci dan terstruktur sehingga pesan yang disampaikan dapat dengan lengkap diterima oleh target pemasar. Selain itu, biaya yang dikeluarkan melalui pengiriman email jauh lebih kecil dibanding pemasaran langsung melalui telepon.

Email mempunyai arti tersendiri bagi tiap-tiap individu yang menggunakannya. Namun, secara prinsip, email adalah sebuah media untuk menyampaikan pesan elektronik.

Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:

  1. Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
  2. Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
  3. Mengetahui E-mail yang di tuju.

Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com.

Anda bisa membuat email secara gratis di sana.


Keuntungan menggunakan e-mail:

a. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+/- 1 menit).

b. Menggunakan alamat Email yang terbilang pendek dan mudah diingat.

c. Cukup dengan adanya jaringan internet.

d. Keamanan data / surat terjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar