'⌣'

me n pooh

Silahkan download

Senin, 14 Februari 2011

Mailing List

Mailing list juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.


Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).


Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.

Cara Membuat Milis :
1. Buka www.yahoogroups.com atau www.groups.yahoo.com Lalu klik Start Your Group untuk membuat grup.
2. Apabila belum login ke account yahoo, maka akan di redirect ke halaman berikut ini. Isikan nama user dan password
3. Lalu akan tampil halaman seperti di bawah ini
Pada langkah pertama ini kita menentukan kategori dari group yang akan kita buat. Misalnya saja kita mengklik Cultures and Community, maka akan muncul sub kategori seperti tampilan di bawah ini.
Apabila sudah menemukan tempat yang tepat untuk meletakkan group(sampai muncul button ’Place my group here’), klik button tersebut
Setelah itu kita memasuki langkah ke-2 yaitu ’describe’
Pada halaman ini, pertama kita mengisikan Nama grup yang akan tampil untuk hasil pencarian. Lalu kita mengisikan nama yahoogroup yang akan digunakan dan terakhir kita mengisi deskripsi tentang group yang kita buat.
Klik continue, lalu kita memasuki langkah ke 3 yaitu ’Select Profile’
Isikan verifikasi kata sesuai dengan kata yang terdapat di kotak samping, lalu ketik tombol continue.

Kelebihan Milis:

  1. Semua anggota di suatu milis dapat menerima informasi-informasi yang hanya disiarkan di milis tersebtu karena ketika seorang anggota di dalam daftar mengirim catatan ke grup tersebut, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar.
  2. Para anggota milis akan selalu merasa terkinikan (up-to-date) dengan adanya diskusi berbasis web ini, yang membuat setiap berita yang masuk ke dalam milis menjadi pesan baru di setiap inbox anggotanya.

Kekurangan Milis:

  1. Milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap e-mail yang terkirim ke milis akan terkirim juga ke alamat e-mail pengirim. Apabila seseorang jarang membacanya, maka inbox e-mail yang bersangkutan akan penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas. Full inbox juga dapat membuat pesan-pesan non-milis terselip, sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa jadi sangat penting.
  2. Milis tidak bersifat interaktif untuk diskusi karena seseorang tidak dapat menggolongkan pesan berdasarkan temanya. Misalnya, untuk komunikasi internasional sebuah organisasi seseorang memerlukan semacam direktori, sehingga wacana atau informasi untuk bidang hubungan kemasyarakatan (humas) tidak bercampur dengan kesekretariatan. Atau agenda-agenda yang menjadi program humas dapat dibahas lebih terperinci.
  3. Milis merepotkan pengguna jika harus me-reply (menjawab) suatu pesan karena harus menyertakan pesan sebelumnya yang telah di-reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui pesan mana yang sedang seseorang respons. Karena saat ini pengguna milis terpusat pada jasa yahoogroups.com, pengaksesan menjadi sangat lambat. Banyak lebar pita internasional tersedot karena hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar